jump to navigation

Januari 15, 2013

Posted by andypierre in Other.
trackback

Market Share roda dua di India pada tahun fiskal 2012

 

Selamat pagi mas bro,

Bagaimana sih sebenarnya market share roda dua di negeri India?

Pada Maret 2012 sepeda motor di India sudah terjual dan tembus di angka 13.430.000 unit, meningkat hampir 2 kali lipat pada tahun 2008 dimana sudah terjual sebesar 7.200.000 unit menurut data yang dilansir Society of Indian Automobile Manufacturers. Angka tersebut menjadikan India sebagai pasar roda dua terbesar kedua di dunia.

Bajaj Auto merupakan satu-satunya perusahaan lokal India yang telah berhasil mengekspansi pasar keluar negeri secara agresif.

Pada November 2012 ini Bajaj Auto berhasil menguasai pasar di India sebesar 25.2 % atau meningkat dari tahun 2009 yang hanya sebesar 21.9 %. Perlu diketahui, Bajaj hanya menjual motor sport sementara pabrikan lain sudah cukup bervariasi produknya, maka dari itu Bajaj mulai mengekspansi pasar dengan mulai lagi bermain di kelas scooter.

Peringkat pertama penjualan sepeda motor di India saat ini memang masih dikuasai oleh Hero Motorcorp sebesar 42.2 %, namun market share ini sebenarnya mulai menunjukan angka penurunan dari 49% di tahun 2009. Ini dikarenakan produk terbaru Hero Motorcorp yaitu Xtreme, Impulse and Ignitor memang kurang diminati masyarakat di sana. Sementara TVS masih berada di posisi ke empat pada market share roda dua di India. Honda dan Hero corp sudah memutus kerjasama Joint Venture mereka yang telah terjalin selama 26 tahun di Desember 2010.
Sedangkan Honda Motorcycle and Scooter India (HMSI) menduduki peringkat kedua, meskipun sempat terjadi kejar mengejar penjualan dengan Bajaj di beberapa bulan tahun 2012. Namun penjualan Honda sebesar 51% disumbangkan oleh skuter, sementara Suzuki 78% juga disumbangkan dari penjualan skuternya. Melihat pasar skuter yang bergairah, rupanya menarik minat Bajaj juga untuk mengembangkan bisnisnya di tahun mendatang.

Sedangkan penjualan global Yamaha peringkat teratas di peroleh dari pasar di Indonesia yang secara keseluruhan menyumbangkan 46% dari total penjualan Yamaha di dunia mengingat 75% pangsa pasar Yamaha berada di Asia Tenggara. Sementara penjualan Yamaha mengalami penurunan baik di Indonesia dari 39.14% di 2011 menjadi 34.07% di 2012, juga di India dan Vietnam, di India sendiri penjualannya telah turun ke single digit yaitu hanya berkisar 2% dari total marketshare roda dua India. Sekaligus ini juga ikut mengkoreksi target penjualan Yamaha di tahun fiskal 2012 dimana Yamaha menargetkan 8.3 juta unit. Just share, selamat beraktifitas, salam.

 

46122_470115619715011_70438297_n

 

source:
business-standard.com
yamaha-motor.co.jp/global/ir/

Komentar»

No comments yet — be the first.

Komentar :

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: