jump to navigation

Bagaimana pandangan mas bro terhadap ketiga bentuk penyampaian iklan ini? Desember 27, 2012

Posted by andypierre in Honda, Other, Pulsar, Yamaha.
trackback

Bagaimana pandangan mas bro terhadap ketiga bentuk penyampaian iklan ini?

 

 
Masih ingat dipikiran kita ketika Bajaj membuat iklan dengan adegan dilampu merah ada 2 motor Pulsar, Pulsar 220 dan Pulsar 135 yang mengapit Honda Supra 125.
Saat itu banyak opini negatif ke iklan tersebut, bahkan banyak yang mengatakan Pulsar hanya sanggup lawan Supra 125. Meskipun dalam pendapat pribadi saya makna dari iklan tersebut bukanlah untuk mengkomparasikan kecepatan dengan motor bebek melainkan ingin menunjukan betapa value nya motor Pulsar dengan harga sebebek, tapi konsumen dapat memilih motor sport.

Namun memang secara tidak langsung, opini masyarakat sudah terbentuk negatif dalam iklan tersebut pada waktu itu. Ya, terlepas maksud Bajaj sendiri “mungkin” tidak untuk menjelekan kompetitor, pun membuat iklan yang sehat dan beretika adalah salah satu pedoman yang harus di pegang oleh semua perusahaan.

Ketika sebuah iklan di lempar ke publik, kemudian ada unsur komparasi didalamnya terhadap kompetitor, disini lah konsumen berperan sebagai kontrol, dalam arti kata diharuskan mencerna iklan itu dengan baik. Karena memang tidak dapat dipungkiri dalam beberapa kasus, banyak iklan yang mengharuskan para penonton iklan harus berpikir ulang untuk mengerti apa maksud dari iklan itu yang dapat menimbulkan spekulasi-spekulasi terhadap iklan tersebut.

Nah penonton yang bisa mencerna iklan ini dengan baik, tentu akan dapat menyimpulkan makna yang sebenarnya meskipun iklan tersebut dipenuhi dengan kontroversi. Masalahnya adalah pada kenyataannya tidak semua penonton iklan mempunyai pemikiran dan pandangan yang sama. Disinilah tuntutan kepada perusahaan untuk menyampaikan produk yang diiklankan nya dengan baik agar tidak menimbulkan kesan negatif yang justru bisa membuat jelek nama perusahaan itu sendiri. (anyway, “mungkin” dipabrikan sekelas Honda dan Yamaha kesan negatif itu tidak dapat terjadi).😀😀

 

Disini ada 3 bentuk iklan perusahaan, yang satu Bajaj Pulsar di televisi, yang satunya lagi berupa gambar dan yang satunya lagi berupa launching salah satu produk di Gasibu Bandung baru-baru ini yang terang-terangan menggunakan produk kompetitor dalam aksinya.

Jika memang dulu banyak pandangan negatif kepada iklan Bajaj, sekarang bagaimana opini mas bro semua terhadap iklan ini dan aksi teatrikal yang heroic pada salah satu launching produk. Apakah masih acceptable?? Monggo dishare opininya. Salam.

 

pulsar 200NS Indonesia FP

 
pic launching CB150R by IWB
pic Yamaha by yamaha-friends

Komentar :

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: