jump to navigation

“Tidak ada Merger, Tidak ada Akuisisi, Pembelian Saham, ataupun perubahan Kepemilikan Saham” Desember 24, 2012

Posted by andypierre in Pulsar.
trackback

“Tidak ada Merger, Tidak ada Akuisisi, Pembelian Saham, ataupun perubahan Kepemilikan Saham”. -Dinesh Kulkarni – (Vice President. PT. Bajaj Auto Indonesia)

 

 

 

Selamat sore mas bro,
Menyambung berita sebelumnya tentang kerjasama antara Bajaj dan Kawasaki di 2013. Dihalaman 3 edisi 26:XXII Tabloid OTOMOTIF dijelaskan disana tentang berita ini. Berikut beberapa kutipan nya.

Tahun depan akan meluncur sepeda motor bernama Kawasaki – Bajaj, mungkin lebih tepatnya beraliansi dalam bentuk kerjasama pemasaran. Bahkan launching Pulsar 200NS pada 2013 akan di lakukan oleh PT. Kawasaki Motor Indonesia (PT. KMI). Ini berarti layanan purna jual dan ketersediaan Spare part juga akan ditangani PT. KMI.

Seperti yang pernah dilakukan di Filipina, ternyata langkah ini sukses bahkan berhasil menguasai pangsa pasar motor sport lokal sebesar 45% disana.

“Kawasaki akan membantu Bajaj dalam hal technical support, sementara engineering masih oleh Bajaj,” tegas Dinesh. Kerjasama ini untuk mendongkrak penjualan di Indonesia. Di India, motor Kawasaki Ninja juga di jual melalui dealer Bajaj, pihak Bajaj juga mencarikan supplier lokal untuk pengadaan sukucadang Kawasaki.

Melalui konfirmasi yang dilakukan redaksi OTOMOTIF kepada PT. KMI, Freddyanto Basuki selaku Marketing & Promotion Manager mengatakan bahwa memang ada kerjasama antara Kawasaki dan Bajaj tapi lebih kepada kerjasama Produk, ditegaskan, “Tidak ada Merger, Tidak ada Akuisisi, Pembelian Saham, ataupun perubahan Kepemilikan Saham.” Yang ada adalah Marketing Arrangement, sahut Dinesh Kulkarni.

Namun buat pemakai motor Bajaj, tidak perlu khawatir soal layanan purna jual karena nanti tetap ada dealer yang akan menangani soal ini.

Tabloid OTOMOTIF.

 

Jelaslah sudah mas bro, memang kerjasama itu akan terjadi. Namun seperti yang sudah pernah saya jelaskan sebelumnya, tidak ada beli membeli, tidak ada akuisisi, murni kerjasama distribusi yang lebih kepada “Marketing Arrangement”.

lalu mengenai hengkangnya Bajaj dari Indonesia, meskipun isu ini santer sekali tapi kok saya masih merasa justru dengan kerjasama ini makin menancapkan eksistensi keberadaan Bajaj di Indonesia meskipun dalam kerangka kerjasama bersama Kawasaki. Atau mungkin mas bro punya pendapat lain dari sumber yang lebih akurat?? silahkan share mas bro. Intinya saya tidak akan menuliskan statement “Hengkang” sebelum ada konfirmasi langsung dari BAI.

Mungkin nanti saat Pulsar 200NS hadir di Indonesia akan memakai brand Kawasaki – Bajaj (Sebenarnya Rajiv Bajaj juga sudah mengkonfirmasi ini seperti yang saya baca dari media luar, tapi saya tidak mempostingnya nya disini pada postingan saya sebelumnya karena sesuatu hal).

 

Dari beberapa point diatas yang dapat saya summary kan sementara bahwa (berikut plus minusnya):

1. Purna jual dan sparepart akan di tangani Kawasaki
ini ada 2 opsi, pertama Bajaj tetap menyalurkan via Kawasaki, kedua Kawasaki bekerjasama dengan perusahaan lokal khusus sparepart untuk menyediakan sparepart Bajaj namun tetap kualiti yang diawasi ketat.

2. Menjadi lebih mudah mengklaim produk hasil kolaborasi Kawasaki Bajaj di dealer Kawasaki yang telah tersebar luas di Indonesia dengan mekanik yang sudah terlatih.

3. Karena produk ini hasil kolaborasi (Bajaj produknya, Kawasaki pendistribusian nya) yang akan menggunakan nama Kawasaki Bajaj, maka kemungkinan harga akan naik, karena Kawasaki tentu harus juga mengambil keuntungan sekian persen dari hasil penjualan nya juga bukan??
Tapi ini hanya estimasi awam saya, mengenai jadi atau tidaknya adanya kenaikan, kita lihat saja nanti mas bro.

4. Jika Kawasaki menggandeng perusahaan lokal sebagai penyediaan Sparepart, maka sparepart akan makin murah dan kita sebagai pemakai tidak akan kesulitan lagi menemui kelangkaan Sparepart.

5. Jika memang nanti bisa servis juga di dealer Kawasaki, maka para pemakai makin mudah dalam menservis motornya dan tidak perlu mengantri terlalu panjang seperti selama ini terjadi.

6. Kemungkinan itu ada, itu tandanya kemungkinan antara Kawasaki dan Bajaj juga akan bekerjasama dalam menciptakan produk baru yang murni hasil rancang desain Kawasaki dan Bajaj.

7. Kolaborasi ini dapat mendongkrak penjualan sekaligus menaikan image Bajaj user di tanah air tanpa harus menjatuhkan image Kawasaki. (itu juga kalau mereka tahu bahwa Bajaj memang punya sejarah yang panjang selama 30 tahun bersama Kawasaki).

8. Motor produk Bajaj kedepan nya akan lebih dapat mampu bersaing dengan motor pabrikan Jepang, karena kualitas Bajaj sudah baik, dan kita tidak perlu lagi mengeluh soal 3S.

Mungkin 8 point diatas yang dapat saya summarykan sementara mas bro. Mengenai kekhawatiran saya yakin pasti akan ada di benak kita semua, tapi saya yakin pula bahwa langkah yang ditempuh Bajaj sudah tepat karena merupakan hasil pemikiran yang panjang dan saya percaya Bajaj tidak akan menterlantarkan pelanggan nya begitu saja. Semua opini saya kembalikan ke mas bro semua disini. Monggo dishare. Salam.

 

16907_434940939899146_401498465_n

Komentar»

No comments yet — be the first.

Komentar :

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: