jump to navigation

Bajaj “The Distinctly Ahead” Desember 24, 2012

Posted by andypierre in Pulsar.
trackback

Sesuai tagline nya, Bajaj “The Distinctly Ahead“.

 

 

Bajaj akan mereplikasi model bisnis seperti yang terjadi di Filipina ke Indonesia pada pertengahan 2013. Bajaj Auto tetap akan memproduksi Pulsar di India dan mengirimnya nya ke Kawasaki di Indonesia, kemudian Kawasaki mengatur dan mendistribusikannya melalui jaringan dealer yang ada. Motor tersebut kemudian dijual kepasar dengan nama Kawasaki – Bajaj. Perlu mas bro ketahui, di Filipina, Pulsar datang CKD dari India dan dipasang kembali di pabrik Kawasaki.

Bajaj mempunyai kapasitas produksi yang besar dan Kawasaki memiliki jaringan distribusi yang luas, kolaborasi ini diharapkan mampu mempenetrasi pasar lebih cepat. Tahun lalu, Bajaj Auto mengekspor 1,2 juta sepeda motor dan memiliki kapasitas untuk memproduksi empat juta motor per tahun. Pendapatan ekspor berkontribusi sepertiga dari total pendapatan Bajaj Auto.

Bajaj dan Kawasaki menguasai pangsa pasar 45% di Filipina melalui tie-up yang dimulai pada tahun 2004. “Diantara pasar maju dan berkembang, ada pasar-pasar yang lebih kecil di mana motor kami sangat relevan.” “Kami percaya langkah yang dilakukan antara Bajaj dan Kawasaki telah menggunakan cara yang tepat.,” Rajiv Bajaj, Managing Director Bajaj Auto.

 
Lalu mengapa di Filipina namanya bukan “Pulsar” malah “Rouser”??
bahwa nama “Pulsar” sudah ada yang lebih dulu mendaftarkannya di Filipina, jadi tidak mungkin menggunakan nama “Pulsar” kembali. Seperti halnya Honda tidak dapat menggunakan nama “Hornet” di Amerika tetapi Honda CB600F karena nama “Hornet” sudah teregister di American Motors Corporation (AMC), Honda CB600F dikenal sebagai Hornet di Eropa dan Brazil dan 599 di AS. cmiiw.

Di Filipina logo Bajaj tetap ada meskipun dengan stiker Kawasaki.
Lalu akan menggunakan nama apakah Pulsar 200NS disini?? saya belum tahu pasti mas bro, bisa jadi Rouser bisa jadi Pulsar lagi, entahlah, kita tunggu saja 2013 nanti ketika MOU Bajaj – Kawasaki ini sudah Final.

 

Akankah cara ini ampuh di Indonesia seperti di FIlipina??
Jika Bajaj mengulang kesalahan sama seperti yang sudah-sudah yaitu sparepart langka, kemungkinan besar kerjasama ini tidak akan berjalan mulus, apalagi melalui isu hengkangnya Bajaj saat ini, sudah cukup membuat tanda tanya dan kekhawatiran besar bagi para Pulsar rider yang ada. Melalui momentum kerjasama ini lah saatnya Bajaj memulihkan rasa kekecewaan, apalagi mungkin mulai tumbuh mosi ketidakpercayaan bagi brand Bajaj yang menurut saya banyak strategi pemasaran yang diterapkan justru membuat konsumen roda dua malah bertanya-tanya.

Lain di India, lain di Indonesia, di India Bajaj adalah penguasa market roda dua, tapi di Indonesia, justru japanese mindset begitu sangat kental, ditambah sulitnya bersaing dengan “The Big Four”. Masyarakat Indonesia multi kemauan, disatu sisi ingin mendapatkan produk yang berkualitas, di sisi lain ingin membayar dengan harga yang murah. Tentu berkualitas disini tidak hanya dilihat dari Produk, tetapi juga dari kualitas pelayanan yang berkelanjutan.

Kelangkaan sparepart yang ada, merupakan faktor utama dari kegagalan penjualan motor Bajaj yang tidak achieve target, ini lah yang harus dibenahi kedepan nya. Semoga dalam kerjasama ini bisa membawa perubahan ke arah yang lebih lagi. Sukses Bajaj. Salam.

 

409221_435956653130908_1358144254_n

Komentar»

No comments yet — be the first.

Komentar :

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: