jump to navigation

Impression of Pulsar 220 Agustus 18, 2012

Posted by andypierre in Pulsar.
trackback

My impression of Pulsar 220

Selamat malam mas bro..

cuti panjang membuat jalanan ibukota agak lenggang, hal ini saya manfaatkan untuk mengetes performa Pulsar 220 yang diklaim pabrikan mampu mencapai topspeed 144 kmh. Berikut impression saya pada Pulsar 220.

Pulsar 220 merupakan top line dari Pulsar series yang mempunyai CC sebesar 220 yang sanggup memuntahkan power 21.04 Hp @8500 Rpm dan torsi sebesar 19.12 Nm @7000 Rpm. Saya memutuskan menjual Pulsar 200 Lama saya dan menggantinya dengan Pulsar 220 daripada menunggu Pulsar 200NS (tentu saya punya pertimbangan sendiri😀 ).

Motor ini sungguh berat dengan bobot sekitar 150Kg, saya pikir akan sulit dikendalikan, tapi nyatanya cukup mudah untuk dikuasai dan saya tidak menemukan kesulitan berarti untuk memecah macetnya jakarta.

Power awalnya memang tidak lah segalak kompetitor, namun distribusi power nya terasa halus disetiap putaran mesin, ketika RPM menyentuh diatas 6000, saya buka gas, saya seperti mendapat dorongan tenaga spontan hingga mencapai RPM 8000-9000. Tarikannya halus dan cukup responsif di RPM menengah sampai atas. Begitu mudah dikendarai, dan cocok jika mas bro yang suka perjalanan jauh diluar kota. (imho).

Riding ergonominya, memang agak bungkuk sedikit, tapi saya tidak merasakan cepat lelah, jadi cukup nyaman untuk dipakai sehari-hari. Jika menapakan kedua kaki, saya agak menjijit mas bro😀 tapi kalau satu kaki mudah kok.

Kemudian kita beralih ke Ban, Ban Pulsar menggunakan merk MRF, kata sebagian pengguna ban ini licin, tapi bagi saya saat jalanan kering, gigitannya baik sekali, tidak ada gejala slip, tapi memang terasa agak kurang nyaman jika jalanan basah.

Seabrek fitur pada Pulsar 220 sungguh memanjakan saya, tidak ada kompetitor yang menyuguhkan fitur layaknya pada Pulsar. LCD speedometer, LED backlight, sein yang otomatis off, lampu Proyektor 55w yang terang, trip meter, indikator suhu, oli dll yang masih banyak jika saya sebutkan disini.

Perlu mas bro ketahui, rem pada Pulsar merupakan turunan dari pabrikan Brembo! yup, peranti pengereman ini bermerk Bybre. Brembo adalah perusahaan induk dari Bybre dimana Bybre dikhususkan untuk cc kecil sampai menengah, tetapi tetap QC diawasi Brembo.

Pencapaian Maks Speed sejauh ini yang saya alami pada Pulsar 220 sebagai berikut:

Gigi 1 : 44 kmh
Gigi 2 : 68 kmh
Gigi 3 : 96 kmh
Gigi 4 : 122 kmh
Gigi 5 : 141 kmh

Ya, saya mampu menorehkan sekitar 141 kmh disepanjang jalan Gatot Subroto sebelum saya hentikan laju kendaraan Pulsar 220, karena saya pikir angka segitu cukup mendekati klaim pabrikan yang mengklaim 144 kmh, perlu mas bro ketahui bobot saya sekitar 85kg, jadi klaim pabrikan bukanlah Hoax semata (Next saya akan sertakan rekamannya).

Membawa Pulsar 220, godaannya banyak mas bro bagi saya, hehehe.. karena saya juga “speed freak”, ditambah biasanya pengendara motor sport Pabrikan H dan Y pada show off dijalanan, ya mau tidak mau saya jabanin, dan syukur saya meninggalkannya dibelakang..😀😀😀 (imbas keanggapremehan meraka terhadap produk Bajaj). Tapi ini jangan ditiru ya mas bro, saya cuma sesekali aja pacu adrenalin kok🙂

Motor ini agak panjang dan juga berat, tapi akan terasa lincah jika mas bro sudah berada diatasnya. Meskipun bagi sebagian orang Pulsar 220 aneh karena fairingnya yang setengah, tapi perpaduan warna produksi 2012 secara keseluruhan, benar-benar menghilangkan kesan aneh tersebut, dan saya sungguh mengaguminya.

Well, dengan harga 18.9 Juta OTR Jadetabek, saya rasa Pulsar 220 sangat value dan Worth it lah, dengan power dan torsi lebih besar dibanding kompetitor, fitur yang seabrek disuguhin Bajaj yang melebihi kompetitor, Pulsar 220 cukup mas bro patut perhitungkan jika mas bro masih bingung hendak memilih motor sport apa direntang harga segitu. At least keputusan ada ditangan mas bro, karena tentu selera dan pertimbangan tiap individu pastilah berbeda-beda. Salam.

pic: stephenlangitan

Komentar»

1. bapakeVALKYLA - September 26, 2012

wah, mau donk yg baju putih😀

andypierre - Desember 24, 2012

boleh mas, silahkan diambil.. hehehe


Komentar :

