jump to navigation

Bajaj – KTM dan TVS – BMW, sebuah analisa ringan. Agustus 9, 2012

Posted by andypierre in Pulsar.
trackback

Bajaj – KTM dan TVS – BMW, sebuah analisa ringan.

Tentu kita semua sudah tau Bajaj telah memulai menjalin kerjasama dengan KTM, bahkan Bajaj pun mengakuisisi saham KTM hampir lebih 47% dari 14% pada 2007!. Lalu apa keuntungannya untuk Bajaj dan KTM?

Keuntungan teknologi mas bro, Bajaj dengan mudah bisa mengadopsi teknologi KTM kemudian mengemasnya dengan paket yang murah, yaitu sebuah motor dengan teknologi dan performa mumpuni yang bisa dijual murah untuk produksi masal! Tapi bukan berarti Bajaj tidak mampu ya mas bro akan semua itu, tentunya jika ingin maju, banyak cara-cara strategik seperti salah satunya yang dilakukan Bajaj kepada KTM.

Dan untuk KTM adalah memanfaatkan Bajaj Auto India dalam skala ekonomi. Bajaj berbagi fasilitas manufaktur dan biaya overhead dengan KTM dimana ujung-ujungnya bisa menkean cost untuk KTM itu sendiri mas bro.

Tapi bukan berarti Bajaj serta merta “mengcopycatkan” produk KTM mas bro dan hal itupun dibantah Presiden motorcycle Bajaj Auto K. Srinivas, bahwa kerjasama yang dilakukan Bajaj dengan KTM terbatas pada produksi dan pemasaran.
“Tidak. Kalaupun kerjasama itu (pertukaran teknologi) bisa dilakukan, kami (Bajaj) tidak ingin melakukan,” kata Srinivas, menjawab pertanyaan media tentang kemungkinan terjadinya pertukarang teknologi antara Bajaj 200NS dengan KTM 200 Duke. Dia menambahkan, Pulsar dan KTM 200 merupakan dua produk berbeda dari dua merek berbeda. “Keduanya punya identitas berbeda,” tagas Srinivas.

Lalu bagaimana isu antara TVS dan BMW??

TVS dan BMW mungkin tidak akan persis pada garis yang sama, mengapa? karena memang tidak ada flagship motor BMW di CC kecil mas bro, kita tau bahwa TVS mempunyai lineup 100 – 180 cc mas bro, dan BMW tidak mempunyai segmen ini! Beda kan dengan KTM??

Lalu apakah Possible antara TVS dan BMW?? bisa jadi! Ya, meskipun BMW tidak mempunyai lineup 100 – 180 cc, karena BMW merupakan produsen motor kelas Premium. Darimana kemungkinannya??

Mas bro tau Husqvarna (Swedia)?? Yup, Pada bulan Juli 2007 Husqvarna di beli oleh BMW. Husqvarna juga mengkhususkan diri seperti KTM yaitu mempunya lineup motor offroad, supermoto, seperti KTM. Dan Husqvarna mempunyai lineup cc kecil mas bro mulai dari 125 – 900 CC.

Oleh karena itu mengikat kerjasama antara TVS dan BMW tampaknya akan lebih logis jika disilangkan dengan Husqvarna mas bro. BMW bisa mendapatkan akses ke pengembangan biaya rendah (Low Cost) dan basis manufaktur dan TVS bisa mendapatkan kesempatan untuk memproduksi motor dengan teknologi canggih.

Well, apapun itu sebuah langkah luarbiasa sudah dimulai oleh Bajaj melalui KTM dan rupanya TVS akan melakukan hal serupa dengan bekerjasama dengan BMW.

“It is correct that we are in talks with BMW,” TVS chairman Venu Srinivasan said in an interview on Sunday. “We are looking at a technical contract. I will not be able to share any further detail at this moment” – TVS

salam

Komentar»

No comments yet — be the first.

Komentar :

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: